9.9.09

Penggalangan bantuan untuk korban gempa jabar

Teman-teman, Komunitas Sahabat Kota sedang menggalang bantuan untuk anak-anak korban gempa di Gambung, Ciwidey. Berikut ini laporan salah satu relawan kami, Ismail Agung, tentang kondisi di sana.

Lokasi bencana adalah Kampung Gambung, Desa Mekarsari. Dari 13 RW di desa tersebut, 9 di antaranya terkena kerusakan parah. Data kerusakan:
- 78 rumah ambruk
-120 rumah rusak berat
- 356 rumah rusak ringan

Hingga saat ini telah didirikan posko bantuan di 19 titik, 6 berupa posko besar yaitu:

1. Lapang bola (didirikan oleh Rumah Pintar)
2. Kalingtem
3. Percobaan
4. Baru Tunggul
5. Wisma Aloy
6. Ciburial

Posko-posko ini masih membutuhkan banyak relawan. Hingga saat ini ada kurang-lebih 10 relawan dari UNISBA, dan 5 relawan independen.

Jumlah anak yang terkena dampak masih terus didata, diperkirakan ada 600 anak dan tersebar di daerah-daerah yang lumayan jauh.

Kondisi anak-anak, sebagian di antaranya trauma tinggi (menderita tekanan lambung, takut terhadap bangunan, emosi tak stabil), banyak yang tidak bisa sekolah karena sekolahnya rusak. Guru juga belum dapat melakanakan kegiatan belajar-mengajar karena masih trauma, rumahnya ambruk, dll. Relawan-relawan di sana sudah mulai mengadakan kegiatan traume relief dengan mengajak anak-anak bermain & berkegiatan, tapi masih terbatas jumlah relawan yang sedikit, juga kekurangan alat-bahan.

Kebutuhan posko-posko (berdasarkan laporan Agung):
- Alat bahan prakarya seperti gunting, lem, kertas warna, krayon, kertas untuk menggambar, dll
- Mainan (bola, boneka, permainan papan, dsb)
- Perlengkapan belajar (buku tulis, alat tulis)
- Buku cerita

Kalau teman-teman punya benda-benda di atas dan sudah tidak terpakai, kami akan dengan senang hati menyalurkannya ke mereka. Bantuan berupa uang juga akan sangat berguna, dan akan kami belikan kekurangan barang-barang tersebut. Bantuan berupa barang dapat disalurkan ke rumah Nur, Jl. Banda no 11B. Untuk bantuan berupa uang, silakan langsung menghubungi Kandi (no: 0856 216 5166)

Team Komunitas Sahabat Kota akan berangkat ke Gambung hari Minggu (13 September, pulang-pergi) sambil membawa barang-barang yang sudah terkumpul. Kami juga akan mengadakan beberapa kegiatan bermain dengan anak-anak di sana. Teman-teman yang ingin ikut menjadi relawan, sangat diterima, silakan menghubungi Kandi (nomer HP: 0856 216 5166) untuk info lebih jauh.

Terima kasih atas partisipasinya.
---------------------------------------------------------------
Dalam rangka mengisi kegiatan di bulan suci Ramadhan 1430 H, Common Room menyelenggarakan program Community Gathering sekaligus kegiatan buka bersama pada hari Kamis, tanggal 10 September 2009, pukul 17.00 s/d 21.00 WIB. Selain menjadi ajang silaturahmi komunitas, kegiatan ini juga akan diisi dengan penampilan beberapa seniman dan kelompok musik yang akan menyuguhkan kolaborasi pertunjukan musik klasik Sunda dengan musisi punk dan elektronik dari kota Bandung.

Beberapa seniman dan kelompok musik yang akan terlibat diantaranya adalah Mang Ayi (Subang), Trah (Bandung), Karinding Attack!!! (Bandung), Tjukimay feat. Bucek (Bandung), Markipat (Cicalengka), Killafternoon (Bandung) & DaMiNaTiLaDa (Bandung). Selama kurang lebih satu tahun penuh, proses kolaborasi dan eksperimentasi para seniman dan musisi yang terlibat dalam pertunjukan ini secara langsung dipandu oleh Iman Zimbot, seorang maestro seni musik klasik Sunda yang berasal dari Ciamis. Pertunjukan ini merupakan bagian dari eksplorasi dan persiapan pelaksanaan Nu-Substance Festival 2009: Resonance/ Festival for Open Culture, Technology & Urban Ecology yang rencananya akan diselenggarakan di kota Bandung pada tanggal 19 s/d 31 Oktober 2009.

Berbarengan dengan kegiatan Community Gathering, juga akan dilakukan penggalangan bantuan yang rencananya akan disumbangkan kepada korban gempa Jawa Barat yang terjadi pada tanggal 2 September 2009. Kepada rekan-rekan yang bermaksud untuk ikut mengirimkan bantuan dipersilahkan untuk menyalurkan dukungan dalam bentuk dana, kebutuhan logistik, maupun obat-obatan. Berdasarkan informasi sementara yang berhasil dikumpulkan, saat ini bantuan logistik yang diprioritaskan adalah kain terpal, selimut, makanan bayi, pampers, obat-obatan (khususnya diare dan infeksi saluran pernapasan) & pembalut wanita. Rencananya bantuan yang dikumpulkan akan langsung disalurkan ke daerah Pangalengan di bawah koordinasi Addy Gembel (Forgotten/ Solidaritas Independen Bandung). Untuk informasi penyaluran bantuan dipersilahkan untuk menghubungi Addy Gembel di nomor 022-70025295.

* Buat teman-teman yang mau datang, silahkan membawa sumbangan seiklasnya. Kalau mau bawa bekel buat tukeran menu buka puasa juga dipersilahkan loh!
---------------------------------------------------------------------------

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails