11.4.11

Rubrik review! Asuhan Kak Katy Bon |Leonardo – The Sun|


Leonardo | The Sun | Buttonijo / Demajors | IDR 30,000

Sekilas melihat cover album Leonardo yang catchy, saya mengharapkan akan mendapati jazzy-like music, tapi ternyata saya salah, haha. Tidak lama setelah CD masuk player terdengarlah sebuah lagu yang begitu masuk intro langsung mengingatkan saya pada lagu-lagu band indie pop Inggris era 80 awal. Intro Insecure terdengar lawas dengan vokal yang rendah dan berat.

Saya pikir satu album akan setipe ini, ternyata saya salah lagi. Wondrous Sky masuk lebih tenang dan mendayu, soothing and easy. Lights Over Me lebih terdengar country lengkap dengan genjrengan gitar a la Sheryl Crow. Nama Kartika Jahja menjamin lagu ini mendapat dukungan vokal yang kuat dan berkarakter. Sampai lagu ketiga ini, saya jadi tidak berani menduga-duga lagu selanjutnya akan seperti apa, dan menunggu saja ia berputar dan mengungkap diri dengan sendirinya.

A Sad Man Belong In Corner terasa lebih balad dengan iringan akustik gitar dan sisipan siul. Cocok dengan judulnya, terdengar seperti seseorang yang spontan menciptakan lagu dan menyanyi untuk teman-temannya, menceritakan sedih yang dirasakan. Happy Suffering Song kemudian mengalun, menjanjikan keramaian dan keceriaan lebih, dengan eksplorasi bebunyian yang keluar dari mulut, choir, gitar, dan perkusi. Lagu ini pun berlalu singkat. Blatant dibuka dengan suara rendah dan berat Leonardo. Lagi-lagi saya mendapat kesan cowboy yang bermusik dalam bar saloon lengkap dengan boots dan jeans belel, mengembalikan ingatan saya akan iklan komersial mustang, ha ha. Lagu ini asik, Leonardo maupun Melanie Wilson (Lani Leyli) sebagai guest vocal terdengar sangat menikmati dan lepas. Liriknya juga asik, “I believe the government, they will always be there..and I’m a fucking liar..” ha ha. Midnight Hooray, yang seperti judulnya, lagunya “hore”. Leonardo yang adalah juga drummer/vocalist/guitarist dari Zeke and The Popo membuat saya paham saat lagu ini mengingatkan saya pada “Mighty Love” nya ZATPP.

Tequila Lullaby sedih mengalun dengan dentingan piano yang minor. Leonardo membagikan banyak hal di album ini, bukan hanya jumlah tracks yang royal dan acuan musikalitas yang bervariasi, tapi juga cerita. Marah, kecewa, senang, sedih. Seperti pada Dawn, yang terasa megah dengan tambahan instrumen biola walau mood nya masih juga turun. Seconds to a Minute, lagu yang menurut saya bagus tapi sayangnya karakter vokal Leonardo kurang pas dan membuat lagu ini jadi kurang catchy. The Sun mengalun dengan iringan biola solo yang terasa oriental, yang lagi-lagi sayangnya dengan suara rendah Leonardo, lagu ini masih terasa kurang “menarik” kuping saya yang awam. Akhir paragraf, akhir album, inilah lagu penutup, Something Between My Room and Yours. Dari keseluruhan satu album, lagu ini yang paling menarik perhatian saya sedari awal CD ini berputar. Semakin di dengar, saya semakin suka. Diawali dengan efek suara pemantik dan rokok yang terbakar dan dihisap, lalu vokal Leonardo yang bernyanyi tipis pada nada tinggi. Awalnya hanya diiringi petikan gitar yang sederhana, tapi tunggu dulu.. setelah itu masuk guest vocal Mian Tiara yang jazzy dan perkusi serta akordeon yang membuat lagu ini terdengar seksi dan soothing. Sungguh, lagu ini enak sekali!

Yak, akhir kata, album ini bisa kamu beli di you-know-where-dimana-lagi-kalo-bukan-di Omuniuum. Belilah album ini kalau kamu sudah mulai bosan dengan musik yang begitubegitu saja, mulai kekurangan referensi, atau mulai kebanyakan nonton acara musik pagi di televisi. Bener deh. Album ini refreshing dan kaya akan eksplorasi bermusiknya seorang Leonardo, yang ternyata sudah delapan belas tahun menjadi musisi dan berkontribusi dalam banyak album, sebelum akhirnya album solo ini lahir. Tempting, eh?



P.S. Review Kak Katy Bon ini makin lama makin serius ya, kurang seru nih.. hihihi.. Kalo ada yang mau kirim surat cinta untuk Kak Katy Bon bisa di imel ke order@omuniuum.net, nanti kami sampaikan. Eh, pesen CD bisa via sms ke 087821836088 yaks! Oh, biar keliatan update dan eksis, jangan lupa mention kita di twitter ya, @omuniuum atau @itbo

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails