25.12.09

NOFX Backstage Passport





NOFX Backstage Passport DVD*

IDR 65,000

Tidak pernah mendengar NOFX ? Tidak tahu NOFX itu siapa ? Tidak suka NOFX ? Tidak apa-apa. DVD ini sungguh sesuatu yang sangat menyenangkan [sekaligus memalukan untuk orang Indonesia] untuk ditonton.

Menyenangkan melihat sebuah band punk yang meskipun sekilas tampak berantakan dan tidak punya disiplin, dengan manajer hampir selalu mabuk, berada dibawah label independen milik mereka sendiri mewujudkan sebuah konser tur ke kota-kota di negara yang belum pernah mereka kunjungi sama sekali. Menyiapkan mental untuk sebuah petualangan yang ternyata memang menjadi sebuah petualangan. Berulang kali bertemu dengan promotor acara yang tidak profesional, tidak dibayar meskipun yang nonton berjubel, ditonton hanya oleh 30 orang, semua mereka alami ketika melakukan konser tur ini diantaranya ke Brazil, Chili, Peru, Rusia, Colombia, Jepang, Singapura, Indonesia dan Afrika Selatan.

Memalukan untuk Indonesia karena di Indonesia, mereka manggung dua kali, di Jakarta dan di Bali, yang di Jakarta promotornya tidak beres dan mereka tidak dibayar.Di Bali, yang nonton berjubel tapi mereka hanya di bayar separuh dari hasil yang diharapkan. Tidak lebih buruk daripada di Cina yang akhirnya mereka malah dihadiahi laporan keuangan yang menyatakan kalau promotor konser mereka rugi berat juga tidak lebih buruk daripada di Peru yang promotor mereka meninggalkan semua kewajiban dan mereka harus menyelundupkan crew band dari kepungan aparat keamanan di venue, tapi tetap memalukan.

Yang harus dikagumi adalah cara mereka survive dari tour ini. Solid sebagai band dengan mental yang selalu siap menghadapi segala hal yang terjadi dan pembelaan mereka yang begitu besar terhadap para fans dan penonton konser mereka. Menonton DVD ini membuat perasaan campur aduk antara gemas, kagum, tertawa karena lucu, terkadang sedih dan marah sekaligus. Memberikan gambaran bahwa ternyata menyiapkan konser bukanlah sesuatu yang mudah tapi dibutuhkan kerjasama yang benar antara band, promotor konser dan dieksekusi oleh penonton pada saat pertunjukan berlangsung.

NOFX adalah band punk yang berasal dari San Fransisco Amerika. Keterangan tentang mereka bisa di dapat di situs resmi mereka, NOFX . Sebelum dirilis dalam bentuk dvd bulan Maret 2009, NOFX backstage Passport adalah serial dokumenter dan sempat ditayangkan di Fuse TV.

* DVD bukan original

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails